712 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

712 Sekolah Terapkan Kurikulum Merdeka

--

RK ONLINE - Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bengkulu mencatat ada sebanyak 712 sekolah di Provinsi Bengkulu menerapkan kurikulum merdeka. Terbanyak berada di Kabupaten Bengkulu Utara dengan 303 sekolah. 

"Kurikulum merdeka ada 712 sekolah di Provinsi Bengkulu  terdata sudah menjalankan. Sekolah ini baik dari PKBM, sekolah informal dan formal mulai dari SD, SMP, dan SMK sedangkan SMK ada SMK PK," kata Kepala BGP Provinsi Bengkulu, Hendra Afriawan, ST, Senin (25/7).

Ditambahkannya, kurikulum merdeka merupakan penyederhanaan kurikulum untuk memitigasi ketertinggalan pembelajaran akibat pandemi Covid-19. 

"Kurikulum ini jauh lebih sederhana dari kurikulum sebelumnya, dan sesuai dengan kondisi sekolah dan murid masing-masing," tambah Hendra.

Walaupun jumlah sekolah sudah banyak dan tersebar menyeluruh di wilayah Bengkulu, dirinya menyebut tidak ada paksaan dan keharusan sekolah untuk menerpakan kurikulum merdeka. Karena untuk penerapan, sekolah yang memilih dan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. 

"Kurikulum ini lebih sederhana dan dipermudah karena menyamaratakan. Semua sekolah yang sudah melaksanakan, bukan bersifat paksaan, sekolah memilih sendiri," ujar Hendra. 

Rincian sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka di wilayah Bengkulu yakni, 303 sekolah di Kabupaten Bengkulu Utara, 158 sekolah di Kota Bengkulu, 102 sekolah di Kabupaten Mukomuko, 40 sekolah di Kaur dan Bengkulu Tengah sebanyak 8 sekolah. Kemudian Kabupaten Lebong sebanyak 10 sekolah, Seluma sebanyak 16 sekolah, Kepahiang sebanyak 22 sekolah, Rejang Lebong sebanyak 24 sekolah, Bengkulu Selatan sebanyak 3 sekolah, serta sekolah penggerak sebanyak 36 sekolah. (gju) 

Sumber: