Usul 1.170 Dosis Vaksin Pfizer

Usul 1.170 Dosis Vaksin Pfizer

DOK/RK : Kepala Dinkes Lebong Rachman, S.KM, M.Si--

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong mengusulkan 1.170 dosis vaksin Covid-19 jenis Pfizer ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu. Hal ini dilakukan karena stok vaksin Covid-19 yang tersedia di gudang farmasi Dinkes Lebong tersebut telah habis. 

"Stok vaksinasi kita sudah habis, sekarang sudah kita usulkan 1.170 dosis," jelas Kepala Dinkes Lebong, Rachman, S.KM, M.Si melalui Kasubbid Surveilans Imunisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, M.KM. 

Habisnya stok vaksinasi yang tersedia di Dinkes Lebong itu menyusul banyaknya permintaan masyarakat yang ingin disuntikkan vaksinasi dosis 2 dan booster atau dosis 3. Di awal Juli lalu pihaknya telah menerima tambahan dosis vaksin jenis moderna sebanyak 964 dosis dan vaksin AstraZeneca sebanyak sebanyak 100 dosis.

"Dosis yang kami terima sejak awal Juli lalu, langsung kita sebar ke seluruh Puskesmas di wilayah Lebong, bahkan laporannya dosis tersebut telah habis sejak Sabtu (16/7), " jelasnya. 

Terkait vaksin yang sudah expired atau kadaluwarsa di Dinkes Lebong, Doni mengaku hingga sejauh ini masih belum bisa tertangani, karena menurutnya masih menunggu mekanisme dan aturan dari Dinkes Provinsi.

"Untuk stok vaksin kadaluarsa kita masih ada sekitar 8.678 dosis yang masih tersimpan di gudang farmasi. Untuk pemusnahan tidak bisa sembarangan karena ada mekanisme yang harus di ikuti. Terlebih mekanisme tersebut hanya bisa di lakukan apabila telah mendapatkan instruksi dari Provinsi," tukasnya. (skp)

Sumber: