Capaian Imunisasi MR 87,2 Persen

Capaian Imunisasi MR 87,2 Persen

--

RK ONLINE - Pelajar di Kabupaten Kepahiang kembali bersekolah setelah libur kenaikan kelas. Karena itu pula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepahiang melalui 14 Puskesmas yang tersebat di 8 kecamatan kembali melaksanakan imunisasi Campak Rubella (MR). Sejauh ini, capaian imunisasi MR di Kabupaten Kepahiang sudah diangka 17.617 anak atau 87,2 persen dari target 20.211 anak. Dari data yang diterima Dinkes Kepahiang, dari 14 Puskesmas di Kabupaten Kepahiang, 2 Puskesmas sudah mencapai target 100 persen dari yang telah ditetapkan. Yakni Puskesmas Muara Langkap 805 anak dan Puskesmas Embung Ijuk 657 anak.

Kepala Dinkes Kabupaten Kepahiang, H. Tajri Fauzan, S.KM, M.Si mengatakan, proses imunisasi MR sempar terhenti karena pelajar di Kabupaten Kepahiang libur, tapi setelah pelajar kembali masuk kerja imunisasi MR mulai direkan kembali. Selain menyasar pelajar di Kabupaten Kepahiang, anak - anak di bawah umur 7 tahun juga diberikan imunisasi MR.

"Sesuai dengan intruksi Kementerian Kesehatan, imunisasi MR diberikan kepada anak Kepahiang yang berumur 6 bulan - 12 tahun. Sekarang capain kita sudah diangka 87, persen dan diyakini Juli ini 14 Puskesmas di Kepahiang bisa tuntas 100 persen sesuai dengan target yang telah ditentukan," kata Tajri. 

Disampaikan Tajri, dari total 14 Puskesmas di Kabupaten Kepahiang ada target yang paling banyak seperti Puskesmas Pasar Kepahiang sebanyak 4.477 anak dan progresnya sudah mencapai 3.595 anak. Sementara untuk target yang paling sedikit itu, Puskesmas Embung Ijuk sebanyak 643 anak dan capaiannya juga sudah lebih dari 100 persen dengan total 657 anak. "Untuk capaian masing - masing Puskesmas sesuai dengan total penduduk serta anak di cakupan Puskesmas yang berumur 6 bulan - 12 tahun," sampai Tajri.

Ditambahkan, tujuan imunisasi campak MR untuk menghindari anak - anak Kepahiang terkena campak MR. Selain itu, untuk menyiapkan generasi yang sehat dan cerdas. Karena anak - anak Kepahiang diminta tetap sehat dan kesehatan anak - anak Kepahiang merupakan tanggungjawab bersama. "Saya sangat berharap realisasi imunisasi campak MR nantinya bisa mencapai 100 persen di Kabupaten Kepahiang. Supaya anak - anak kita sebagai generasi penerus tetap sehat," demikian Tajri. (and)

Sumber: