PMK Sisakan 288 Kasus Aktif

PMK Sisakan 288 Kasus Aktif

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT--

RK ONLINE - Data Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong saat ini kasus hewan ternak yang terkonfirmasi positif terpapar Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus berkurang. Dari sebelumnya 1.001 kasus, tinggal menyisahkan 288 kasus aktif lagi. 

Kepala Distankan Rejang Lebong ir. H. Zulkarnain, MT  mengatakan ternak yang dinyatakan terkonfirmasi positif PMK ini jenis sapi, kambing dan kerbau dan tersebar di 9 kecamatan dari 15 kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

"Terakhir ada 13 ekor ternak yang sebelumnya terkonfirmasi positif PMK dinyatakan sembuh, sehingga total ternak yang dinyatakan sembuh menjadi 699 ekor. Sedangkan ternak yang masih sakit atau terkonfirmasi positif PMK tersisa 288 ekor lagi, " jelas Zulkarnain.

Sementara itu, ternak yang mati akibat PMK tercatat ada 7 ekor. Sementara 7 ekor lainnya terpaksa dipotong karena sudah tidak bisa diobati lagi. Disampaikannya dari 1.001 ternak yang dinyatakan terkonfirmasi positif PMK terdiri dari 944 ekor sapi, 16 ekor kambing dan 41 ekor kerbau.

Selain mencatat ada 13 ekor ternak yang dinyatakan sembuh, pihaknya juga mencatat ada penambahan 11 kasus baru.  Yakni 4 ekor sapi dari Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah, 5 ekor sapi dari Desa Belitar Muka dan 2 ekor sapi dari Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi.

"Kami mengimbau peternak yang ada di Rejang Lebong agar tidak panik dan segera melaporkan kepada petugas jika mendapati ternak mereka memiliki gejala terjangkit PMK sehingga bisa diberikan penanganan dan pengobatan, " singkatnya. (cok)

Sumber: