Sasar 8 Desa, PMD Data Anak Putus Sekolah

Sasar 8 Desa, PMD Data Anak Putus Sekolah

Kabid Pembinaan Pemerintahan Desa Dinas PMD, Verry Susanto, S.Sos--

RK ONLINE - Dinas PMD Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu terlibat langsung dalam pendataan anak putus sekolah. Untuk tahap awal, Dinas PMD sudah menetapkan 8 dari 105 desa yang ada di Kabupaten Kepahiang sebagai sasaran prioritas tahap pertama. 

 

Mulai dari Desa Kota Agung dan Embong Sido Kecamatan Bermani Ilir, Desa Benuang Galing dan Tebat Laut Kecamatan Seberang Musi, Desa Taba Saling Kecamatan Tebat Karai, Desa Suka Merindu dan Kampung Bogor Kecamatan Kepahiang serta Desa Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi.

BACA JUGA:Ada Pembangunan Jembatan 'Misterius' di Kepahiang

Kabid Pembinaan Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Kepahiang, Verry Susanto, S.Sos mengatakan jika pendataan ini dilakukan seagai tindak lanjut dari hasil koordinasi United Nations Children's Fund (UNICEF) dengan Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

 

"Untuk sementara ini kita hanya mendata terlebih dahulu, terkait kebijakan selanjutnya kita menunggu arahan dari pusat," ujar Verry, Senin (18/7/22).

 

Lebih lanjut Verry mengatakan jika mulai hari ini, pihaknya sudah melakukan pendataan ke desa - desa yang dituju. Sementara ini kemungkinan besar dengan menggunakan Dana Desa (DD), anak - anak putus sekolah ini akan dibiayai untuk kembali menduduki bangku sekolah.

 

"Sejauh ini belum ada informasi apakah disekolahkan di sekolah negeri atau swasta. Karena sementara ini perintahnya yang kami dapatkan adalah untuk pendataan," jelasnya.

BACA JUGA:Sudah 7 Tahun Puncak Mall Nunggak Pajak Parkir

Sementara itu jika memang benar mekanismenya diserahkan langsung kepada desa yang bersangkutan, Verry mengatakan kalau nantinya desa juga yang akan menentukan sekolah mana yang akan dituju oleh anak - anak putus sekolah ini.

 

Sumber: