Ekonomi UMKM

Ekonomi UMKM

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang berupaya mendongkrak pemulihan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UKM) masyarakat melalui program dalam APBD pada tahun 2023 mendatang. Sektor UMKM di Kabupaten Kepahiang, kata Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM IPU tidak memiliki industri -industri besar. 

Beberapa tahun terakhir, sektor UMKM sudah mendapatkan bantuan langsung tunai dari Kementerian Sosial maupun dari BLT - DD yang tujuannya untuk menggerakkan sektor usaha kecil menengah. "Fokus pemerintah daerah ialah mendongrak pemulihan ekonomi sektor usaha kecil menengah, karena memang daerah kita tidak memiliki industri besar seperti pabrik," ujar Bupati.

Sejauh ini, kata Bupati, pemerintah daerah masih berharap banyaknya bantuan dari pemerintah pusat seperti bantuan langsung tunai kepada UMKM untuk mendorong sektor usaha kecil menengah. "Sementara APBD untuk tahun mendatang kita sedang menyusun, sejumlah program itu menjadi wacana daerah. Namun, kita berharap dari pemerintah pusat adanya bantuan langsung tunai kepada UMKM guna mendongrak sektor tersebut," ujar Bupati.

Sejauh ini, lanjut Bupati, ratusan UMKM daerah merupakan binaan instansi terkait dalam melaksanakan pelatihan kewirausahaan, pengembangan klaster usaha dan pengembangan sarana pemasaran produk UMKM. (rfm)

Sumber: