Belum Ada Desa Ajukan Pencairan Tahap Dua

Belum Ada Desa Ajukan Pencairan Tahap Dua

DOK/Net : Ilustrasi--

RK ONLINE - Kabid Kelembagaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong Bobby Harpa Santana, M.Si mengatakan belum ada desa yang mengajukan pencairan Dana Desa (DD) tahap dua. Bahkan, dari 122 desa belum ada satu pun yang mengajukan berkas pencairan.

"Untuk pencairan DD sampai saat ini baru dilakukan tahap pertama. Sedangkan untuk pencairan tahap kedua kita masih menunggu usulan dari desa, " ucapnya.

Mengingat saat ini sudah memasuki Juli 2022, ia mengingatkan setiap desa untuk segera mengusulkan pencairan DD tahap dua. Sehingga apa yang menjadi program desa bisa segera direalisasikan. 

"Sesuai dengan aturan, tahun ini peruntukan DD bukan haya untuk pembangunan fisik saja. Tapi lebih kepada program ketahanan pangan dan BLT-DD, " lanjutnya. 

Disisi lain, lanjut Bobby, Pemkab Rejang Lebong juga memberikan angaran berupa uang tunai Rp 100 juta untuk masing-masing desa. Peruntukannya untuk pengadaan yang sifatnya seperti pembibitan atau kelompok.

"Sesuai dengan program bupati dan janji bupati dimana masing-masing desa mendapatkan bantuan Rp 100 juta perdesa. Dana tersebut lebih diperuntukan ketahanan pangan, " singkatnya. (cok)

Sumber: