Tim Aset Cek Terminal Merigi

Tim Aset Cek Terminal Merigi

DOK/RK : CEK : Pengecekan terminal Merigi yang diwacanakan alih fungsi menjadi pasar--

RK ONLINE - Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang bersama tim aset melakukan pengecekan terminal yang berlokasi di Kecamatan Merigi. Pengecekan ini merupakan salah satu proses untuk pengalihan fungsi lahan tersebut yang sebelumnya terminal untuk dijadikan pasar sesuai dengan saran dan masukan DPRD Kabupaten Kepahiang. Untuk proses pengalihannya, tinggal menunggu keputusan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hiadayattulah Sjahid, MM. IPU.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos S.Sos menerangkan, pengecekan dan pembahasan dengan tim aset sudah dilakukan pihaknya. Selain itu pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) selaku pemegang aset, hasilnya baik tim aset maupun Dishub Kepahiang menyetujui terminal merigi dialih fungsikan menjadi pasar. "Pada perinsipnya semua setuju kalau bangunan terminal merigi dialihfungsikan menjadi pasar. Tinggal lagi sekarang harus adanya persetujuan bupati serta persetujuan DPRD Kabupaten Kepahiang," kata Jan Dallos. 

Menurutnya, menuju alih fungsi menjadi pasar tentunya aset yang selama ini milik Dishub Kabupaten Kepahiang dialihkan menjadi aset Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang. Selain itu, dibuatkan keputusan pengalihan fungsinya yang selama ini terminal Merigi menjadi pasar dan akan dikelola oleh Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kepahiang.

"Kami juga sudah melakukan pegecekan langsung ke lokasi itu (Terminal Merigi, red) memang kondisinya saat ini memprihatinkan atau tidak terurus. Intinya sekarang terkait pengalihan aset nantinya keputusan ada di bupati dan tentunya juga atas dasar dari persetujuan DRDD," sampai Jan Dallos. 

Jika penyerahan aset itu nanti telah diterima pihaknya, sambung Jan Dallos, barulah dilakukan penataan ulang terhadap pera pedagang serta melakukan penataan pada kios-kios yang sudah ada. Dirinya berharap dengan dialih fungsikan terminal Merigi menjadi pasar, selain dapat memanfaatkan aset yang sudah ada, juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi yang bermuara pada PAD baru bagi Pemkab Kepahiang. "Diserahkan dengan kita, maka kita operasikan dan akan kita tata dengan baik sebagai bentuk peningkatan PAD Kabupaten Kepahiang," demikian Jan Dallos. 

Sebelumnya diberitakan, fraksi Kebangkitan Bangsa DPRD Kepahiang meminta supaya sejumlah aset di Kabupaten Kepahiang bisa dimanfaatkan dengan baik dan salah satunya terminal Merigi. Keberadaan Terminal Merigi sangat disayangkan karena belum termanfaatkan dengan baik. Padahal bisa dialih fungsikan menjadi pekan atau pasar selasa.

"Terminal Merigi, sangat disayangkan tidak termanfaatkan dengan baik. Padahal bisa dialih fungsikan menjadi pasar Selasa. Karena selama ini di lokasi tersebut setiap hari Selasa sudah terjadi aktivitas jual beli di sana," kata juru bicara fraksi Kebangkitan Bangsa, Drs. Basing Ado. (and)

Sumber: