Kemandirian Benih

Kemandirian Benih

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Mengantisipasi kendala penyediaan benih yang didatangkan dari luar maupun petani yang mengandalkan bantuan dari pemerintah, Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang menyarankan agar petani mandiri. Yakni mempersiapkan hasil produktivitas pertanian sebagiannya untuk dijadikan benih.

Kabid Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Budi, Sp mengatakan, penyediaan benih bawang merah dan bawang putih di Kabupaten Kepahiang sejauh ini masih tergantung dari luar daerah maupun bantuan. 

"Kita berupaya dan mengajak petani untuk menciptkan kemandirian benih. Dimana dari hasil panen dapat dijadikan benih, ini salah satu mengantisipasi kendala penyediaan benih, apalagi bawang yang hanya bisa didatangkan dari luar," jelas Budi.

Untuk itu, pihaknya sambung Budi, menyusun peta jalan klaster bawang merah dalam rangka menuju kemandirian benih di Kabupaten Kepahiang. Tahun ini pihaknya akan fokus pada upaya menuju mandiri benih dengan dilakukannya beberapa kegiatan.

"Kita berupaya secara keseluruhan produksi bawang merah di Kepahiang dalam tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan," terang Budi.

Tahun ini, lanjut Budi, seluas 30 Ha bantuan benih bawang merah dan 10 Ha benih bawang putih yang dialokasikan oleh Kementerian Pertanian pada Kabupaten Kepahiang. Pihaknya berharap melalui bantuan tersebut dapat mewujudkan kemandirian petani terhadap benih bawang merah pada masa tanam berikutnya. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait