Maksimalkan Sektor Parkir

Maksimalkan Sektor Parkir

DOK/RK : Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Eddyson.--

RK ONLINE - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi parkir dapat meningkat dan dapat menyediakan sumber pembiayaan untuk pembangunan. Terlebih saat ini ada 9 zona parkir di Kota Bengkulu yang telah habis kontrak kerjasama pengelolaan parkir oleh pihak ketiga. 

"Dari sembilan zona ini kami targetkan PAD meningkat dan disumbangkan sebesar Rp 3 miliar, " kata Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, Drs. Eddyson.

Ia menambahkan, Bapenda telah menetapkan nilai parkir di setiap zona pada 9 zona parkir yang ada. Lalu nilai tersebut akan di lelang dan diajukan ke kantor pelelangan negara agar disetujui nilainya. Setelah itu akan dicari pihak ketiga yang bersedia dengan nilai dan ketentuan yang telah ditetapkan.

Adapun syarat dan kebijakan tetap sama dengan tahun sebelumnya yakni pemenang tender lelang wajib menyetorkan PAD dimuka sebesar 50 persen dari nilai target PAD yang sudah ditetapkan. Hal ini mengingat kondisi pandemi yang yang rendah serta perekonomian masyarakat mulai pulih. 

"Ditargetkan secepatnya dimulai, kalau tidak ada halangan bulan ini sudah kita lakukan lelang untuk sembilan zona tersebut. Tahun ini nilai lelang tiap zona kita naikkan 10 sampai 15 persen dari tahun sebelumnya, karena sekarang kondisi sudah mulai ramai," singkat Eddyson. (gju)

Sumber:

Berita Terkait