Untuk Ketahanan Pangan

Untuk Ketahanan Pangan

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang mengajak penyuluh, petani, dan pihak terkait lainnya untuk memperkuat ketahanan pangan dalam rangka mendongrak perekonomian masyarakat di sektor pertanian. Salah satunya memanfaatkan lahan pekarangan

Menurut Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP masyarakat bisa menerapkan teknologi kebersamaan dan bisa memanfaatkan lahan-lahan tidur. Dia melanjutkan, petani harus bekerja dengan semangat tinggi untuk melanjutkan produktifitas pertanian untuk ketahanan pangan. "Saatnya petani, penyuluh, dan pelaku sektor pertanian untuk memperkuat kemandirian pangan. Strateginya adalah untuk meningkatkan produktifitas pertanian," sampainya.

Sehingga, dijelaskan Hernawan, para petani didorong tetap produktif melalui sejumlah program dukungan dan pendampingan. Para penyuluh diminta terus berkomitmen melakukan pendampingan kepada kelompok tani sasaran melalui pemantauan maupun pelatihan yang dilakukan. "Jangan sampai nanti terjadi masalah pangan, kita minta sektor pertanian terus produktif," ujar Hernawan.

Tidak hanya berfokus pada kelompok komoditas tanaman pangan, sambung Hernawan, penyuluh juga menyasar kelompok pemanfaatan pekarangan, sayur, buah, perkebunan hingga peternakan. Ini membuktikan bahwa petani bisa memanfaatkan lahan yang awalnya tidak produktif menjadi lahan menghasilkan. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait