Rafflesia Arnoldi Mekar Indah di Kebun Warga

Rafflesia Arnoldi Mekar Indah di Kebun Warga

Rafflesia Arnoldi mekar indah di perkebunan warga Tanjung Alam--

RK ONLINE - Bunga Rafflesia Arnoldi mekar indah kembali ditemukan warga. Berlokasi di Desa Tanjung Alam Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, kali ini bunga yang menjadi icon Provinsi Bengkulu ini, ditemukan mekar dengan 5 kelopak di dalam perkebunan kopi milik Eti Ansori, salah satu warga desa setempat.

BACA JUGA:Antisipasi Penyebaran PMK, Polres Turunkan Satgas ke Peternakan

Kades Tanjung Alam, Feri Marzoni membenarkan adanya penemuan tanaman unik ini. Bukan yang pertama, Feri mengatakan jika penemuan Rafflesia Arnoldi yang mekar di Tanjung Alam ini sudah kali keduanya. Sebagai tumbuhan langka, Feri mengatakan jika Rafflesia Arnoldi ini akan mendapatkan penjagaan ketat dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

 

"Iya kemarin ada warga yang melapor telah menemukan bunga Rafflesia. Ini adalah yang kedua kalinya tumbuh di sini (Tanjung Alam). Jadi akan kami jaga dan lestarikan," ujar Feri, Kamis (14/7/22).

 

Sementara itu Pengamat Rafflesia Arnoldi Kabupaten Kepahiang, Reevi Haryanto, M.Pd mengatakan jika Rafflesia pada umumnya tumbuh jika dilokasi tersebut ada tanaman inangnya. Namun untuk dilokasi ini (Tanjung Alam), dirinya belum mengetahui secara pasti sebab memang belum pernah melihat dan mengetahui ada Rafflesia yang tumbuh di sana.

 

"Saya belum lihat secara langsung dan belum pernah mengetahui apakah sebelumnya pernah ada Rafflesia yang tumbuh di sana atau tidak," ujar Reevi.

BACA JUGA:Kades Wajib Prioritaskan Kepentingan Masyarakat Desa

Disamping itu pria yang juga merupakan penulis buku berjudul Pesona Bunga Bangkai dalam pembelajaran IPA SMP/MTS sederajat ini berharap, Rafflesia yang tumbuh saat ini dapat tetap lestari dan tumbuh dengan baik di Desa Tanjung Alam.

 

"Harus dijaga dan dilestarikan. Harapannya bisa tetap lestari dan tumbuh dengan baik di Desa Tanjung Alam," demikian Reevi.

Sumber: