Jemaah Haji Dijadwalkan Pulang 22 Juli

Jemaah Haji Dijadwalkan Pulang 22 Juli

DOK/RK : MASIH : Jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang akan melaksanakan rangkaian tawaf perpisahan.--

RK ONLINE - Puncak ibadah haji di tanah suci telah selesai dijalani. Para jemaah haji dijadwalkan bergiliran segera kembali ke tanah air. Penerbangan 7 embarkasi Padang yang termasuk di dalamnya jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang dijadwalkan tiba pada 22 Juli mendatang. Ini disampaikan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MM melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag, Rabu (13/7).

"Jemaah haji kita tiba di Bandara Internasional Minangkabau sekira pukul 08.40 WIB pagi. Kemudian dijadwalkan tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu kisaran pukul 14.10 WIB dan menuju ke Kabupaten Kepahiang pada hari yang sama pada 22 Juli," jelas Zulfakar.

Dia menyampaikan, hingga kemarin tidak ada laporan tentang jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang meninggal dunia di tanah suci. Kondisi semua jemaah dalam keadaan sehat. Tidak ada yang menderita sakit parah sehingga tidak perlu perawatan. "Kita berharap dan berdo'a saat kepulangan jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang lengkap jumlahnya. Untuk saat ini dilaporkan dalam keadaan sehat wal 'afiat," ujar Zulfakar.

Setelah menyelesaikan rangkaian puncak ibadah inti di Arafah, Muzdalifah dan Mina, para jamaah haji pulang ke hotel Alfayha Makkah. Sesampainya di sana, jemaah haji akan melaksanakan tawaf wada' yakni tawaf perpisahan yang dilakukan ketika umat muslim telah melaksanakan seluruh rukun haji.

"Kembali ke Kota Makkah, jemaah akan melaksanakan rangkaian tawaf wada' yang merupakan tawaf perpisahan sebelum pulang ke tanah air. Tawaf ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan terakhir terhadap Baitullah," demikian Zulfakar. (rfm)

Sumber: