Siapkan Hibah Rp 3 Miliar Untuk Rumah Ibadah

Siapkan Hibah Rp 3 Miliar Untuk Rumah Ibadah

DOK/RK : Kabag Kesra Setkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma--

RK ONLINE - Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusuma mengatakan tahun ini telah disiapkan anggaran Rp 3 miliar untuk dihibahkan kepada masjid atau mushala. Hibah untuk rumah ibadah ini diperuntukkan bagi pembangunan baru maupun rehabilitasi.

"Usulan pembangunan dan rehabilitasi masjid pada tahun ini sebanyak 43 unit yang memakan anggaran lebih kurang Rp3 miliar. Kebanyakan untuk pembangunan masjid baru yaitu di Kecamatan Curup Utara dan beberapa masjid di wilayah Lembak, " ujarnya.

Selain memberikan bantuan hibah untuk pembangunan maupun rehab rumah ibadah, pihaknya juga memberikan hibah berupa ambal untuk Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong senilai Rp 650 juta.

"Dari  156 desa dan kelurahan tersebar dalam 15 kecamatan di Rejang Lebong saat ini hampir 75 persen telah memiliki rumah ibadah dan layak untuk pelaksanaan ibadah, " ujarnya.

Dengan adanya bantuan  pembangunan masjid ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan ketakwaan. Jangan hanya bangunannya saja yang megah tetapi juga diharapkan bisa dimakmurkan. Sementara itu untuk rumah ibadah lainnya belu ada yang mengajukan. Untuk saat ini bantuan yang diberikan baru sebatas bantuan honor untuk petugas perangkat agama saja seperti pastur, pendeta dan lainnya.

"Ke depan kita akan ajukan bantuan khusus untuk guru agama non-Muslim dari Pemkab Rejang Lebong rencananya kami ajukan dalam pembahasan RAPBD Perubahan 2022 ini, " singkatnya. (cok)

Sumber: