Pastikan Tol Berlanjut

Pastikan Tol Berlanjut

DOK/RK : Menko Marves RI Luhut Binsar Pandjaitan saat mengunjungi Bengkulu, Selasa (12/7) lalu--

RK ONLINE - Pembangunan jalan tol Bengkulu-Lubuk Linggau sudah rampung pada tahap I ruas Kota Bengkulu-Taba Penanjung Kabupaten Bengkulu Tengah sepanjang 17,6 Km. Pembangunannya masih menyisakan dua tahap. Yakni tahap II ruas Taba Penanjung-Kabupaten Kepahiang sepanjang 23,7 Km dan tahap III ruas Kebupaten Kepahiang-Lubuk Linggau sepanjang 54,5 Km. 

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) RI, Jendral TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A yang menghadiri rangkaian pelantikan Asosiasi Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (Apdesi) pada Selasa (12/7) lalu menyatakan jika pembangunan tol Bengkulu tahap lanjutan akan dilakukan dan dirinya telah membahas kelanjutan tol tersebut bersama menteri PUPR. 

"Gubernur sudah sampaikan dan akan segera saya bawa ke atas, hanya 17 Km mestinya tidak ada masalah," kata Luhut.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr. H Rohidin Mersyah, MMA sendiri mengapresiasi Menko Marves yang telah membahas kelanjutan jalan tol Bengkulu bersama Kementerian PUPR. 

"Kami terus memastikan kelanjutan dari sesi I ke sesi II, dan Pak Luhut menjanjikan bahwa itu nanti akan dilakukan. Dan beliau telah menyampaikan kepada menteri PUPR," singkatnya. 

Selain itu, perlu diketahui jika pembangunan tahap II ruas Taba Penanjung-Kabupaten Kepahiang telah masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023 dengan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp 23 triliun.

Pembanguna akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang dan proses pembebasan lahan dilakukan tahun ini oleh PT Hutama Karya (HK) yang akan dibantu Pemprov Bengkulu bersama instansi terkait lainnya. Pembangunan jalan tol ditargetkan selesai pada 2024 mendatang. (gju)

Sumber: