Perangkat Desa Akan Dapatkan Beasiswa

Perangkat Desa Akan Dapatkan Beasiswa

DOK/RK : Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, RA Deni--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA Denni, SH, MM mengungkapkan jika Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mewacanakan akan memberikan beasiswa pendidikan dengan menguliahkan kepala desa (Kades) atau perangkat desa yang ada di Provinsi Bengkulu.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kades atau perangkat desa sehingga mampu produktif, berkualitas dan berdaya saing tinggi sesuai tuntutan zaman. 

"Saat ini masih banyak Kades atau perangkat desa yang bersekolah tingkat SLTA dan SLTP. Dengan adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan status dan jenjang pendidikan yang lebih tinggi," paparnya.

Nantinya Kades atau perangkat desa akan dikuliahkan pada universitas yang menjalin kerjasama dengan Pemprov Bengkulu seperti Universitas Terbuka (UT). 

"Kades dengan tamatan SMA/SMK akan dituntut untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan strata satu di kampus UT. Pada tahap awal akan ada 50 sampai 100 perangkat desa yang akan mendapat beasiswa untuk berkuliah di UT, " kata RA Deni. 

Sebelumnya, Pemprov Bengkulu sendiri telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Universitas Terbuka (UT) dan Al-Azhar untuk mendukung program ini.

Adapun penandatanganan MoU tersebut difokuskan untuk peningkatan SDM perangkat desa, dan Bengkulu menjadi provinsi pertama yang melakukan kerjasama dalam hal ini. Tujuan utama agar perangkat desa mampu menjalankan fungsi pemerintahan secara umum dan mengelola desa dengan baik. (gju)

Sumber: