Idul Adha, Bupati Ajak Doakan Kesehatan Jemaah Haji

Idul Adha, Bupati Ajak Doakan Kesehatan Jemaah Haji

DOK/RK : SHALAT ID : Inspektur Inspektorat Lebong, Taufik Andari, M.Pd menjadi imam shalat Ied yang dilaksanakan Pemkab Lebong di Masjid Agung Sultan Abdullah.--

RK ONLINE - Bupati Lebong Kopli Ansori mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan keselamatan dan kesehatan jemaah haji, khususnya 43 jemaah haji asal Kabupaten Lebong. Ajakan tersebut disampaikan Kopli usai melaksanakan shalat Id hari raya Idul Adha 1443 Hijriah di Masjid Agung Sultan Abdullah, Minggu (10/7).

"Mari agar kita sama-sama mendoakan agar jemaah haji diberikan kekuatan, kesehatan dan keselamatan untuk menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji dan kembali ke Kabupaten Lebong menjadi haji yang mabrur, " kata Kopli.

Dalam kesempatan tersebut, Kopli juga mengajak seluruh masyarakat Lebong bisa menjadikan momen hari raya Idul Adha untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan (ukhuwah islamiyah) serta semangat berbagi melalui pelaksanaan ibadah shalat dan kurban.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kebersamaan antar umat yang selama ini telah terjalin. Karena kebersamaan adalah modal utama dalam membangun Kabupaten Lebong untuk saat ini dan masa mendatang, " lanjutnya.

Disisi lain, dikatakan Kopli, penyembelihan hewan kurban memiliki dua aspek perwujudan. Aspek pertama yaitu ubudiah yaitu berbakti dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sesuai dengan asal kata korban yaitu Qoroba yang artinya mendekatkan diri kepada Allah, untuk itu sebagai ganjaran pendekatan itu yakni dengan berkurban. Aspek kedua yaitu kemasyarakatan. Karena dengan melakukan kurban dan membagikan daging yang di sembelih itu akan berkembanglah pendekatan sesama umat manusia.

"Kesimpulannya, bahwa manusia hendaklah rela untuk bekurban baik harta benda maupun jiwa raganya bila diperlukan demi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara serta agama," singkatnya.

Sementara itu, tahun ini Pemkab Lebong melaksanakan pemotongan 17 sapi sebagai hewan kurban. Pemotongannya dilakukan secara terpisah. Sebanyak 15 hewan kurban disembelih di kecamatan, sementara 2 hewan kurban disembelih di Masjid Agung Sultan Abdullah. (skp)

Sumber: