Hewan Ternak Positif PMK Sudah 1.290 Ekor

Hewan Ternak Positif PMK Sudah 1.290 Ekor

DOK/RK : Ternak : Jumlah ternak positif PMK terus bertambah--

RK ONLINE - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu mencatat per Kamis kemarin angka kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Provinsi Bengkulu bertambah hingga total hewan ternak positif PMK sebanyak 1.290 kasus yang tersebar di wilayah ini. 

Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, drh. Muhammad Syarkawi mengatakan, penambahan kasus positif PMK di wilayah Bengkulu sangat cepat dan signifikan serta belum terkendali penyebarannya.  "Namun angka kematian hewan ternak akibat wabah PMK masih sangat rendah yakni hanya 2 ekor selama wabah ini menjangkit di Bengkulu. Serta jumlah peningkatan ternak yang sehat juga tinggi yakni 209 ekor," sampainya.  

Upaya pengendalian PMK agar tidak meluas terus dilakukan Disnakeswan bersama pihak terkait lainnya baik dengan memberhentikan sementara waktu lalulintas dan mobilisasi ternak ke Bengkulu maupun melakukan pencegahan dengan percepatan vaksinasi. 

Capaian vaksinasi PMK di wilayah Bengkulu sendiri saat ini sudah mencapai angka 55 persen dari dosis tersedia sebanyak 8.000 dosis vaksin yang disebar di wilayah terdampak PMK.

Adapun kasus PMK, dari 1.290 kasus penyebarannya yakni di Kabupaten Kepahiang sebanyak 104 ekor, Bengkulu Utara 1, Rejang Lebong 757 ekor, Seluma 64 ekor, Bengkulu Selatan 249 ekor, Mukomuko 9 ekor, Bengkulu Tengah 106 ekor. (gju) 

Sumber: