Pola Hidup Sehat Lawan Stunting dan Covid-19

Pola Hidup Sehat Lawan Stunting dan Covid-19

DOK/RK : SOSIALISASI : Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu saat melaksanakan sosialisasi pola hidup sehat, Kamis (6/7) --

RK ONLINE - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si mengungkapkan, menerapkan dengan baik pola hidup sehat menjadi salah satu upaya untuk menurunkan stunting dan Covid-19. 

Pola hidup sehat sendiri dapat dimaksimalkan jika masyarakat mampu menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan baik dilingkungannya masing-masing. "Melaui Germas, pola hidup sehat dapat diterapkan oleh seluruh masyarakat Bengkulu,” kata Herwan.

Ia menambahkan, menerapkan Germas dikehidupan sehari-hari cukup mudah diantaranya dengan melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, rutin mengkonsumsi buah dan sayur.

"Selain itu juga tidak merokok, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban," papar Herwan. 

Jika hal tersebut dapat dilakukan oleh masyarakat setiap harinya makan akan lebih baik dan terhindar dari berbagai penyakit baik menular seperti Covid-19 maupun penyakit tidak menular seperti stunting. 

Herwan juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada meskipun penyebaran Covid-19 sudah tidak tinggi lagi, dan menekankan masyarakat untuk menerapan pola hidup sehat yang rutin.

"Tetap waspada, lakukan pencegahan dini seperti tetap memakai masker dan rutin mencuci tangan. Dengan demikian mudah-mudahan masyarakat dapat terjaga dari berbagai serangan penyakit," pungkasnya.(gju)

Sumber: