Jemaah Hadapi Puncak Ibadah Haji di Armuzna

Jemaah Hadapi Puncak Ibadah Haji di Armuzna

DOK/RK : Kasi Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag--

RK ONLINE - Hampir tiga pekan jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang melaksanakan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi. Kini, para jemaah tengah itensif mengikuti pembinaan manasik para Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) yang merupakan puncak ibadah haji dan akan mulai dilaksanakan pada lusa, 8 Juli 2022.

Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag menyampaikan, jemaah kloter 7 sudah menyelesaikan umrah wajib dan beberapa jemaah juga sudah melaksanakan umrah sunah. Sekarang jemaah sudah siap menghadapi puncak haji. "Jemaah sudah melaksanakan umrah sunah dan saat ini persiapan melaksanakan Armuzna yang akan dilaksanakan 8 hingga 13 Juli," kata Zulfakar.

Dia menyebut, cuaca di Arab Saudi memang panas, untuk itu jemaah selalu diimbau untuk tidak terkena paparan sinar matahari langsung terlalu lama. Para jemaah yang akan melaksanakan shalat di Masjidil Haram juga diimbau menyesuaikan kondisi di Arab Saudi. "Menyambut pelaksanaan puncak haji di Armuzna, saat ini jemaah haji asal Kabupaten Kepahiang instens melaksanakan shalat wajib dan sunah, serta tawaf," ujar Zulfakar.

Dia menjelaskan, nantinya ada tim monitoring yang akan mengawasi seluruh proses pergerakan jemaah saat pelaksanaan Armuzna, mobilisasi Armuzna akan dimulai sejak 8 Zulhijjah. "Tanggal 9 Zulhijjah, jemaah akan melakukan rangkaian ibadah wukuf di Arafah sejak masuk dzuhur, selanjutnya jemaah akan dimobilisasi ke Muzdalifah," demikian Zulfakar. (rfm)

Sumber: