Distankan Mulai Salurkan Bantuan Bibit

Distankan Mulai Salurkan Bantuan Bibit

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT di tahun 2022 ini terdapat bantuan bibit untuk kelompok tani (poktan) yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong. Seperti bibit padi, jagung, bawang putih, bawang merah, kentang, cabai dan bibit kunyit. 

"Masing-masing bantuan bibit yang diberikan tergantung dari luas lahan. Seperti bibit padi diperuntukan untuk 198 hektar, bibit bawang putih diperuntukan untuk 65 hektar, bibit bawang merah untuk 15 hektar, bibit kentang untuk 20 hektar, bibit jagung 1.000 hektar dan bibit kunyit untuk 15 hektar, " jelasnya.

Lebih jauh beberapa bantuan bibit tersebut sudah didistribusikan kepada poktan. Seperti bibit padi, kentang, bawang putih, bawang merah dan cabai. Sedangkan bantuan bibit yang belum disalurkan yaitu bibit kunyit dan bibit jagung yang saat ini masih dalam tahap pendistyribusian dari kementerian.

"Bantuan yang diberikan berupa barang bukan berbentuk uang dan langsung disalurkan kepada masing-masing poktan, " lanjutnya.

Selain bantuan bibit, Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan pupuk, plastik mulsa, pestisida dan perlengkapan pertanian lainnya. Sehingga dengan bantuan ini poktan tinggal melaksanakan turun tanam.

"Bantuan ini sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan melalui sektor pertanian. Ia berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh poktan penerima, " demikian Zulkarnain. (cok)

Sumber: