Aplikasi Apo Buek untuk Tingkatkan Minat Baca

Aplikasi Apo Buek untuk Tingkatkan Minat Baca

DOK/RK : Kepala DPK Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi--

RK ONLINE -  Aplikasi Orang Bengkulu E-Perpus Provinsi Bengkulu (Apo Buek) menjadi salah satu inovasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sebagai upaya meningkatkan minat baca. Aplikasi ini merupakan layanan digital yang diinisiasi kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd yang di uji coba  sejak tahun 2020 lalu dengan nama e-Perpus Provinsi Bengkulu. 

"DPK menjadi salah satu OPD yang bertanggung jawab dalam masalah perpustakaan, pengelolaan bahan pustaka baik bersifat monografi atau buku digital dan memberikan layanan dengan mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga lahirlah aplikasi Apo Buek untuk meningkatkan layanan minat baca masyarakat," ungkap Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd. 

Lebih lanjut, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital aktivitas yang biasa dilakukan secara manual dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis serta akurat dengan bantuan teknologi. Terlebih, dengan aplikasi Apo Buek memberikan pelayanan publik dalam bentuk digital yang dapat diakses masyarakat dimanapun berada. 

Aplikasi yang disediakan sejak tahun 2019 ini merupakan salah satu layanan digital yang dapat diakses melaui android atau PC oleh seluruh masyarakat Bengkulu bahkan Indonesia. Dalam aplikasi terdapat judul buku koleksi sebanyak 5. 400 judul buku. 

Buku-buku yang disediakan antara lain buku ekonomi, kesehatan, agama, study pengajaran, psikologi, pengetahuan umum, pertajian, perkebunan perternakan, sosial bahasa dan sastra, teknik dan arsitektur, novel, komputer, teknologi dan sains, sejarah, bacaan anak-anak kebutuhan khusus, hingga ensiklopedia. 

"Pertama kali dilaunching ada 3.000 judul, seiring waktu dengan banyaknya minat baca dan masyarakat yang mengunakan aplikasi membuat ada penambahan koleksi pada tahun 2021 sebanyak 2.400 judul, sehingga totalnya saat ini 5.400 judul buku," kata Meri.

Selain 5.400 judul buku yang tersedia dan bisa diakses gratis, pada aplikasi juga dapat diakses konten lokal Bengkulu, yang saat ini jumlah bukunya sebanyak 1.686 buku. (gju)

Sumber: