Bukan BPK, SPj DD ADD Diperiksa Ipda

Bukan BPK, SPj DD ADD Diperiksa Ipda

Ilustrasi--

RK ONLINE - Untuk memastikan pemanfaatan DD ADD di Kabupaten Kepahiang sesuai dengan ketentuan, Inspektur Daerah (Ipda) Inspektorat Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu bakal turun langsung ke desa. Sama dengan yang belum lama ini dilakukan BPK, Ipda bakal turun dan melakukan pemeriksaan terhadap SPj DD ADD TA 2022 di 95 desa yang ada di Kabupaten Kepahiang.

 

Plt. Inspektur Ipda Kepahiang, Hendri, SH melalui Irban II, Drs. Saprudin mengatakan, review pengelolaan ADD/DD tahun berjalan ini sifatnya hanyalah evaluasi bukan audit seperti yang dilakukan BPK. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoreksi SPj realisasi DD ADD yang sudah dijalankan desa sepanjang 2022. 

BACA JUGA:Ekstra Kerja Keras

"Hanya mengecek kelengkapan SPj dan disesuaikan dengan belanja yang sudah direalisasikan masing-masing desa. Kita sudah menetapkan dan hasilnya SPj DD ADD di 95 desa yang kita review," ujar Saprudin. 

 

Dia menjelaskan kalau total keseluruhan desa yang ada di Kabupaten Kepahiang, berjumlah 105 desa. Namun pemeriksaan hanya dilakukan di 95 desa saja. Sebab 10 desa yang tidak dilakukan review sebelumnya sudah menjadi sampel pemeriksaan BPK.

 

"Desa yang tidak diperiksa ini sebelumnya sudah menjadi sampel pemeriksaan BPKP. Nah dalam rivew yang laksanakan nanti, kami tidak mencari kesalahan pihak desa. Kalau pun ditemukan kekurangan maka kami minta untuk dilengkapi. Misalnya ditemukan kekurangan atau ketidakcocokan antara realisasi dan  biaya keluar di SPj, kami minta itu diperbaiki," paparnya. 

BACA JUGA:Desa Wisata Terus Bertambah

Saprudin melanjutkan, review ini sengaja dilaksanakan dengan harapan pengelolaan DD ADD 2022 berjalan baik dan tidak ditemukan masalah di masa yang akan datang. Selanjutnya dari hasil review atau evaluasi ini, bakal terlihat desa mana saja yang sudah baik dalam merealisasikan dan mengelola anggaran. 

 

"Output dari review ini nantinya menjadi dasar kami dalam melaksanakan audit realisasi DD ADD TA 2022 nanti. Harapan kami 95 desa bisa siap menghadapi review ini dan merealisasikan DD ADD nya sesuai dengan aturan yang berlaku. Termasuk laporan akhirnya juga harus bagus," pungkasnya.

Sumber: