Kemenag Catat Ada 1.232 Hewan Akan Dikurbankan

Kemenag Catat Ada 1.232 Hewan Akan Dikurbankan

DOK/RK : Hewan Kurban--

RK ONLINE - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong mencatat ada 1.232 ekor hewan kurban yang akan disembelih pada hari raya Idul Adha 1443 Hijriah mendatang. Jumlah tersebut diperoleh dari laporan Kantor Urusan Agama (KUA) yang sebelumnya melakukan pendataan diwilayahnya masing-masing.

"Sejauh ini jumlah hewan kurban yang terdata berjumlah 1.232 ekor, " kata Kepala Kemenag Rejang Lebong, H. Novian Gustari, S.Pd.I, M.Pd.I.

Rinciannya masing-masing 7 ekor kerbau, 592 sapi dan 622 ekor kambing. Dalam hal ini pihaknya akan ikut memastikan jika hewan kurban tersebut sehat dan layak untuk dikurbankan.

"Kami akan memastikan hewan kurban yang akan disembelih maupun tata cara penyembelihannya yang benar. Dalam hal ini sudah melakukan rapat bersama KUA dari 15 kecamatan, pengurus masjid, ormas dan Pemkab Rejang Lebong agar pelaksanaan tidak bermasalah mengingat saat ini sedang mewabah penyakit mulut dan kuku atau PMK, " ujarnya. 

Lebih jauh dijelaskannya, dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini terbagi beberapa tim. Ada tim yang bertugas untuk merobohkan sapi, kemudian menguliti dan lainnya. Mereka ini selain punya pengalaman juga harus bekerjasama.

"Untuk kegiatan penyembelihan hewan kurban oleh keluarga besar Kemenag Rejang Lebong pada tahun ini akan dilaksanakan 11 Juli bertempat di halaman Kemenag  dengan jumlah hewan kurban sebanyak 11 ekor sapi, " singkatnya. (cok)

Sumber: