Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Bina Desa

Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan Bina Desa

DOK/RK--

RK ONLINE - Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Rejang Lebong, Bambang Budiono, SE mengatakan pihaknya terus melakukan pembinaan kepada 122 desa dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Dalam hal ini masing-masing desa diminta untuk menyediakan tempat khusus taman membaca.

Apalagi ditahun 2023 mendatang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mewacanakan menyalurkan bantuan kepada Pemdes yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong.

 "Bantuan yang akan diberikan berupa seribu judul buku, laptop dan beberapa bantuan lainnya, " lanjutnya.

Terkait bantuan tersebut, lanjutnya, masing-masing desa diminta untuk menyiapkan proposal.

"Masing-masing desa tentu memiliki tempat dan lokasi yang berbeda. Sehingga yang mengajukan proposal adalah desa itu sendiri, " lanjutnya.

Sementara itu, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) diminta untuk mengalokasikan anggaran tersendiri melalui Dana Desa (DD) untuk melengkapi fasilitas taman membaca atau perpustakaan desa yang sudah ada.

"Harapan kami ditahun 2023 mendatang seluruh desa sudah memiliki taman atau perpustakaan desa. Hal ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca masyarakat sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas SDM, " demikian Bambang. (cok)

Sumber: