Prediksi BMKG

Prediksi BMKG

DOK/RK : Kepala BMKG Kabupaten Kepahiang, Litman, ST.--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang tetap diminta berhati-hati dari acaman bencana alam seperti tanah longsor, banjir, pohon tumbang dan bencana alam lainnya. Pasalnya prediksi BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan. Bahkan hujan yang akan mengguyur Kabupaten Kepahiang masuk kategori hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang dan petir. 

Kepala BMKG Kabupaten Kepahiang, Litman, ST mengatakan, dari pantauan pihaknya wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan. Hujan yang diprediksi akan mengguyur Kabupaten Kepahiang terjadi sekira pukul 13.00 WIB-19.00 WIB dengan intensitas ringan hingga tinggi disertai angin kencang dan petir.

"Dengan Kabupaten Kepahiang yang masih berpotensi hujan, kami tetap menghimbau kepada masyarakat Kepahiang supaya tetap waspada dan hati - hati dari bencana alam yang berpotensi terjadi," ungkapnya sembari mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati.

Untuk suhu di Kabupaten Kepahiang berada pada 19 - 25 derajat celcius, kecepatan angin 30 Km/ jam dan kelembaban 75 - 100 persen. Terkait penyebab masih berpotensinya hujan, adanya wilayah belokan angin dan konvergensi di wilayah Provinsi Bengkulu, kelembaban udara yang basah dari lapisan bawah hingg atas, serta labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer wilayah Bengkulu.

"Dengan sejumlah faktor tersebut sehingga menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Bengkulu termasuk Kabupaten Kepahiang," demikian Litman. (and)

Sumber: