Dapat Bantuan Benih

Dapat Bantuan Benih

Foto/Dok : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.--

RK ONLINE - Dalam rangka mendongkrak produktivitas pertanian dari sektor pangan daerah, tahun anggaran 2022 ini Pemerintah Kabupaten Kepahiang menerima bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian. Yakni bersumber dari alokasi dana APBN, Kabupaten Kepahiang mendapatkan bantuan 30 ton benih padi.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan, alokasi bantuan tersebut untuk sebaran luasan lahan 1.500 Ha. Artinya bantuan ini nantinya akan didistribusikan pada kelompok petani padi di seluruh kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Kepahiang. 

"Kepahiang dapat bantuan 30 ton benih padi untuk sasaran 1.500 Ha lahan persawahan, ini sudah ditetapkan melalui SK Kementerian Pertanian untuk daerah. Paling tidak dapat membantu petani guna mendongkrak produktivitas pertanian sektor pangan, yaitu padi," jelas Hernawan.

Disinggung terkait syarat dan ketentuan Poktan yang akan mendapatkan bantuan itu, menurut Hernawan, kelompok petani dapat mengajukan proposal kebutuhan benih pada Dinas Pertanian. Kemudian, nantinya tim petugas pertanian akan melakukan verifikasi kesiapan kelompok dan lahan, hal ini guna memastikan agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan tepat guna.

Diketahui sejauh ini, kata Hernawan, di Kabupaten Kepahiang terdapat 638 kelompok petani dan sekitar 100 gabungan kelompok petani, kesemuanya memenuhi ketentuan dalam mengusulkan kebutuhan bantuan, dengan syarat Poktan teregistrasi dan berbadan hukum. "Untuk mendapatkan bantuan pertanian berupa benih padi, Poktan maupun Gapoktan dapat mengusulkan proposal kebutuhan, selanjutnya akan diverifikasi berdasarkan kesiapan poktan maupun kesiapan lahan," terang Hernawan.

Selain benih padi, lanjut Hernawan, tahun ini Kabupaten Kepahiang juga mendapatkan bantuan benih jagung sebanyak 20 ton yang sasaran luasan tanaman 750 Ha. Bantuan itu juga akan didistribusikan pada kelompok petani yang mengusulkan bantuan. (rfm)

Sumber: