Bina Remaja Masjid

Bina Remaja Masjid

DOK/RK : Kepala KUA Ujan Mas, Ombi Ramli, S.Ag--

RK ONLINE - Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Ujan Mas digiatkan melakukan bimbingan dan penyuluhan bagi remaja islam masjid di seluruh kelurahan dan desa. Hal ini, kata Kepala KUA Ujan Mas, Ombi Ramli, S.Ag dalam rangka memaparkan tentang peranan remaja masjid dalam mendukung pengurus masjid sebagai upaya memakmurkan masjid. Ombi menjelaskan, remaja dibutuhkan oleh masyarakat baik di masjid, sebagai objek atau jamaah, maupun juga berfungsi menjaga dan membina anak-anak seperti ikut dalam baca tulis Al-qur'an.

"Demikian pula remaja dapat melatih diri shalat berjamaah di masjid, sehingga hatinya selalu senang ke masjid untuk mengikuti kegiatan-kegiatan keagamaan. Penyuluh agama Islam di kelurahan dan desa kita ingatkan untuk rutin melakukan pembinaan terhadap Risma masjid agar terus ikut serta dalam memakmurkan masjid, kemudian melaksanakan kegiatan didikan subuh," jelas Ombi.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dapat dilaksanakan seperti pembinaaan dengan metode bervariasi, termasuk belajar mengaji, menghafal dan belajar dasar-dasar bahasa Arab. Menurutnya, remaja masjid harus menjadi wadah pemersatu serta dapat membentengi dan mencegah agar generasi muda islam tidak terlibat prilaku negatif atau kenakalan remaja.

"Terlebih di era modern seperti sekarang ini, risma harus benar-benar merupakan wadah menjadi tempat pembinaan umat. Khususnya bagi generasi muda islam, sehingga ini menjadi pendidikan keagamaan yang mumpuni. Kita memberikan arahan kepada penyuluh agama untuk membina dan melaksanakan kegiatan keagamaan bersama Risma masjid," jelas Ombi. (rfm)

Sumber:

Berita Terkait