Vaksin PMK Untuk 2.000 Ekor Ternak

Vaksin PMK Untuk 2.000 Ekor Ternak

DOK/Net : Ilustrasi--republika.co.id

RK ONLINE - Kabupaten Rejang Lebong sudah mendapatkan vaksin untuk mencegah penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Jumlah vaksin yang diterima, dirasa cukup untuk melakukan vaksin terhadap 2.000 ekor hewan ternak.

"Vaksin yang kami terima bisa untuk dua ribu hewan ternak. Seperti sapi, kerbau dan kambing yang diprioritaskan bagi hewan ternak yang belum terjangkit PMK, " ujar Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejang Lebong, Zulkarnain. 

Lebih jauh dijelaskannya, ntuk 1 botol vaksin cukup untuk 100 hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau dan kambing. Pemberian vaksin sendiri akan dilakukan kepada dokter hewan secara bertahap. Pasalnya jumlah dikter hewan yang dimiliki saat ini jumlahnya masih sangat terbatas.

"Dalam penyuntikan vaksin PMK ini kita masih kekurangan dokter hewan. Sehingga penyuntikan vaksin PMK pada hewan dilakukan secara bertahap dan bergliran, " tambahnya.

Dipastikannya, vaksin PMK akan diberikan secara gratis. Meski demikian pemilik ternak tetap dibebankan biaya jasa penyutikan kepada dokter hewan menginggat tak ada angaran yang disiapkan dalam penyuntikan vaksin.

"Harapan kami dengan adanya bantuan vaksin PMK ini dapat mengurangi angka penyebaran PMK pada ternak di Rejang Lebong. Sehingga pada saat Idul Adha masyarakat tak perlu lagi gelisah dengan wabah PMK ini, " demiian Zulkarnain. (cok)

Sumber: