Juni, DPT Berkurang Empat

Juni, DPT Berkurang Empat

DOK/RK : PLENO : KPU Kepahiang melaksanakan pleno DPT berkelanjutan Juni.--

RK ONLINE - Setiap bulannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkelanjutan di Kabupaten Kepahiang selalu berubah-ubah. Jika pada Mei berdasarkan hasil pleno KPU Kabupaten Kepahiang, jumlah pemilih berkelanjutan sebanyak 109.112. Namun setelah kembali dilakukan pleno Juni, berkurang 4 pemilih. Berkurangannya mata pilih ini karena yang bersangkutan meninggal dunia. Selain itu ada penambahan 1 DPT dari pemilih pemula. Sehingga DPT Kepahiang saat ini 109.109. 

Komioner KPU Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos, M.Pd menyampaikan, berkurangnya 4 pemilih lantaran meninggal dunia masuk kategori Tidak Memenuhi Syarat (TMS). "DPT kita ada pergeseran data, tapi pergeseran tersebut tidak terlalu banyak. Ya terkadang mengalami penambahan dan terkadang juga mengalami pengurangan seperti yang terjadi sekarang ini (Hasil pleno, Juni, red)," kata Supran.

Dalam rangka memberikan data yang akurat, KPU Kepahiang berharap kerja sama yang baik dari desa/ kelurahan. Dengan cara mencatat masyarakat di desa atau kelurahan masing-masing, baik itu yang pindah ke luar dan yang masuk maupun yang meninggal dunia. "DPT yang kita plenokan setiap bulannya, dimungkinkan menjadi DPT Pemilu 2024 mendatang. Apalagi sekarang tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. Makanya penysunan DPT pun mulai dilakukan, sembari menunggu jadwal tahapan secara teknisnya," singkat Supran. (and)

Sumber:

Berita Terkait