Stok Migor Aman, Harga Sembako Stabil

Stok Migor Aman, Harga Sembako Stabil

DOK/RK : Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos--

RK ONLINE - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kepahiang memastikan stok minyak goreng di daerah untuk kebutuhan hari raya Idul Adha 1443 H dipastikan aman. Dari Hasil pantauan yang telah dilakukan petugas, harga minyak goreng curah di pasaran sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat yakni Rp 14 ribu perliter dan Rp 15 ribu perkilogramnya. Sedangkan untuk harga minyak goreng premium tergantung merk, yakni antara Rp 15.500 hingga Rp 24ribu perliternya. Demikian disampaikan Kadisdag, Kop dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos.

Selain memastikan ketersediaan Sembilan bahan pokok di Pasar Kepahiang, dikatakannya sudah menjadi kewajiban Bidang Perdagangan untuk mengetahui kondisi di lapangan, terlebih jelang hari besar keagamaan. "Menjelang hari besar keagamaan kita harus lihat kondisi pasar, seperti stabilitas ketersediaan sembako, harga dan stok pangan. Sehingga persiapan untuk nanti kalau ada sesuatu bisa langsung diatasi," jelas Jan Dalos.

Berdasarkan pantauan harga pekan lalu dijelaskan Jan Dalos harga beras kelas premium Rp 11.500 perkilogram, minyak goreng Rp 18 ribu perkilogram, gula pasir Rp 13ribu perkilogram. Harga telur ayam negeri Rp 48ribu per karpet. Sementara harga ayam potong Rp 45 ribu perkilogram, bawang merah Rp 60 ribu perkilogram, bawang putih Rp 38ribu perkilogram, daging sapi Rp 120 ribu perkilogram. "Pekan lalu pantauan harga sembako tetap stabil, namun harga kebutuhan bahan pokok yang mengalami fluktuasi ialah komoditas cabai merah," ujar Jan Dalos.

Terkait inflasi di Kabupaten Kepahiang, Jan Dalos menilai saat ini berada dalam angka yang relatif stabil. "Jadi petugas di lapangan memantau harga, yang sampai saat ini masih relatif stabil. Kita terus memonitor supaya pedagang juga tahu harga. Kalaupun ada lonjakan atau stok minim, kita akan koordinasi berbagai pihak seperti Bulog untuk melakukan operasi pasar. Yang jelas pantauan ketersediaan Sembako dan harga ini terus dipantau setiap pekannya," jelas Jan Dalos. (rfm)

Sumber: