Pusaka Sakinah

Pusaka Sakinah

DOK/RK : Kakan Kemenag Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH--

RK ONLINE - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag M.H menyampaikan jika program Pusat Layanan Keluarga Sakinah atau Pusaka Sakinah merupakan transformasi Kantor Urusan Agama (KUA) ke arah perbaikan sistem pelayanan. Yakni, terdapat 4 program unggulan diantaranya Administrasi Manajemen KUA (Aman), Berkas Belajar Rahasisa Nikah (Berkah), Konseling, Mediasi, Pendampingan dan Advokasi (Kompak), dan Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Republik Indonesia (Lestari).

Ia berharap, program tersebut diharapkan menjadi pilot project serta memotivasi KUA lain dalam melaksanakan perwujudan pelaksanaan tugas dan fungsi KUA dalam hal bimbingan dan pelayanan nikah. "Pertama program-program yang dicanangkan oleh KUA, merupakan transformasi ke arah perbaikan dalam sektor layanan administrasi dan pelayanan terhadap masyarakat," ujar Lukman.

Ia berharap, tranformasi tersebut mendapat dukungan dari seluruh stakeholder, tujuannya guna meningkatkan ketahanan keluarga. KUA menurutnya harus menjadi poros ketahanan keluarga, selain melaksanakan pelayanan kepenghuluan dan fungsi lainnya. Kemudian, menjadi perhatian bersama dalam mewujudkan ketahanan keluarga guna menekan angka perceraian, salah satunya dengan program Pusaka Sakinah.

"Program yang ada ialah responsif kita menjawab kebutuhan masyarakat dan kondisi masa kini, tentu kita mengawal agar pelaksanaan program ini dapat berlanjut secara berkesinambungan. Sehingga diharapkan nantinya dari keluarga-keluarga sakinah yang tercipta melalui program ini, dapat memberikan warna baru bagi kemajuan Kabupaten Kepahiang," pungksnya. (rfm)

 

Sumber: