78 Data Ganda Terverifikasi

78 Data Ganda Terverifikasi

EKO/RK : KPU Kabupaten Lebong saat melaksanan Rakor pemuktahiran data pemilih berkelanjutan.--

RK ONLINE - KPU Kabupaten Lebong terus melakukan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan. Salah satunya dilakukan dengan melakukan validasi dan verifikasi terhadap indikasi data pemilih ganda dengan turun langsung ke lapangan. Terlebih dari data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),  di Kabupaten Lebong terdapat 1.285 pemilih ganda. Dari jumlah itu, 78 data ganda sudah terverifikasi dan benar mereka ada di Kabupaten Lebong.

"Memang belum maksimal, karena kami masih dalam keterbatasan anggaran. Kami hanya membentuk 3 tim yang turun ke 3 kecamatan. Ditiga kecamatan itu dari 1.285 ganda yang setelah kami validasi hanya 697 ganda. Kita turun kelapangan, kita dapatkan angka 78 ganda yang sudah terverifikasi. Artinya warga ini  benar ada di Lebong, " kata Ketua KPU Lebong Salahuddin Al Khidhr, SE usai rapat koordinasi (Rakor) pemuktahiran data pemilih berkelanjutan yang dilaksanakan di Aula KPU Lebong, Jum'at (1/7).

Dipastikannya, proses validasi dan verifikasi dengan turun langsung kelapangan akan terus dilaksanakan. Bahkan dari pelaksanaan Rakor, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong menyatakan kesanggupannya untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam pemuktahiran data pemilih ini.

"Mudah-mudahan dalam pemuktahiran data pemilih kedepan, kita dapat lebih intens berkomunikasi. Sehingga masalah-masalah klasik seperti data ganda, data kematian dan pemilih baru bisa lebih clear dari tahun-tahun sebelumnya, " lanjut Khidir.

Selain melaksanakan Rakor tersebut, KPU Kabupaten Lebong juga sekaligus mensosialisasikan aplikasi Lindungi Hakmu. Melalui aplikasi ini masyarakat umum bisa mengecek data diri sebagai pemilih.

"Saat validasi dan verifikasi data ganda, aplikasi ini juga sudah kami sosialisasikan kepada Kades, " demikian Khidir. (skp)

Sumber: