IPHI Dituntut Aktif Meningkatkan Kualitas Umat

IPHI Dituntut Aktif Meningkatkan Kualitas Umat

DOK/RK : LANTIK : Wakil Bupati Kepahiang, Zurdi Nata melantik pengurus IPHI Kepahiang. --

RK ONLINE - Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kepahiang diharapkan bisa memainkan peran strategis dalam pembinaan dan pemberdayaan umat, baik pada masa lalu, masa kini, maupun masa yang akan datang. Kemudian dituntut berpartisipasi aktif dalam membangun umat muslim baik lewat kegiatan sosial, pendidikan maupun ekonomi. Untuk kepengurusan IPHI Kepahiang periode 2022-2027 dilantik Rabu (29/6) kemarin di Masjid Agung Baitul Hikmah oleh Wakil Bupati Kepahiang, H. Zurdi Nata, S.Ip.

Dalam sambutannya, Zurdi Nata berharap kepengurusan ikatan persaudaraan haji ini menjadi wadah penghimpun potensi para haji dan sebagai organisasi kemasyarakatan turut serta menyukseskan program pembangunan bangsa. "Yang paling penting sebagai sarana mempererat ukhuwah Islamiyah sesama umat. Barulah kemudian memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan memiliki kelebihan dibanding umat Islam lainnya," sampainya.

Menurut Zurdi Nata, IPHI harus besinergi dengan Kementerian Agama dalam memberdayakan para haji dalam melestarikan kemabruran hajinya menjadi teladan, panutan, hingga pilar peningkatan kualitas umat dan kebangsaan. Kemudian meningkatkan kemampuan serta berkoordinasi dalam kegiatan manasik haji, serta memberikan pengetahuan tata cara pentingnya pelatihan manasik haji dalam memberikan kemudahan berbekal tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, baik yang bersifat teori maupun praktik.

"IPHI mempunyai tujuan dan tugas memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur, guna meningkatkan partsipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara yang diridhoi Allah SWT, dan melaksanakan penerimaan, bimbingan, penyuluhan, hingga penerangan kepada calon jemaah haji atau prahaji dan pascahaji," tutup Wabup. (rfm)

Sumber: