Sembelih 3 ekor Sapi

Sembelih 3 ekor Sapi

DOK/RK : Kepala Kemenag Lebong Arief Azizi, S.AG, MH.--

RK ONLINE - Berdasarkan rapat yang sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebong menargetkan akan memotong 3 ekor hewan kurban berupa sapi pada Idul Adha 1443 Hijriah mendatang.

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH melalui Kasi Binmas Islam Malvinas, S.IP, M.Pd mengatakan saat ini masing-masing jajaran dilingkungan Kemenag mulai dari Kantor Urusan Agama (KUA) hingga madrasah, untuk mendata PNS maupun tenaga honorer yang ingin melaksanakan kurban tahun ini.

"Setiap tahun jajaran Kemenag melaksanakan pemotongan hewan kurban. Tahun ini ditarget tiga ekor sapi, " kata Malvinas.

Ditambahkannya, selain menunggu laporan dari masing-masing KUA dan madrasah, pihaknya juga akan melakukan survei harga sapi ditingkat peternak untuk menyesuaikan dana yang dikumpulkan mereka yang akan berkurban.

"Kami akan survei harga sapi terlebih dahulu, guna menyesuaikan dengan dana yang sudah kami kumpulkan dari 23 orang peserta, " lanjutnya.

Rencananya, daging kurban nantinya akan dibagikan kepada masyarakat disekitar Kantor Kemenag yang dianggap layak menerima. Waktu pemotongan hewan kurban sendiri masih akan menunggu penetapan Idul Adha 1443 Hijriah dari pemerintah pusat.

"Kami juga  mengimbau untuk pemotongan hewan kurban tetap mematuhi SE Menteri pertanian nomor 03/SE/PK.300/M/5/2022 tentang Pelaksanaan Kurban dan Pemotongan Hewan Dalam Situasi Wabah Penyakit Mulut dan Kuku, " imbuhnya.

Lebih jauh, dalam mengantisipasi penyakit terhadap hewan kurban,   pihaknya akan terlebih dahulu memeriksa kesehatan hewan kurban. Kemudian, setelah selesai dilakukan penyembelihan daging hewan kurban tersebut juga masih akan dicek kelayakannya sebelum  dibagikan dan dikonsumsi. Selain itu, sesuai dengan ketentuan penyembelihan hewan kurban sendiri dilakukan setelah selesai shalat Id Idul Adha.

"Kami berharap, pada perayaan hari raya  kurban ini nantinya, agar masyarakat dapat mengambil hikmah dan makna dari hari raya kurban, " singkatnya. (skp)

Sumber: