Jamin Kesehatan Hewan Kurban

Jamin Kesehatan Hewan Kurban

DOK/RK : Hewan Kurban--

RK ONLINE - Mendekati Idul Adha 1443 Hijriah atau hari raya kurban, Dinas Pertanian dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Rejang Lebong sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sejak sepekan lalu. Tim ini bertugas untuk memastikan hewan yang dijadikan sebagai hewan kurban benar-benar aman dan layak dengan mendata dan memeriksa kesehatan hewan tersebut.

"Tim Satgas ini melibatkan banyak pihak, mulai dari jajaran OPD hingga aparat penegak hukum, " kata Kepala Disnakan Rejang Lebong, Zulkarnain.

Dalam menjalankan tugas tersebut masih menggunakan masing-masing anggaran OPD, terlebih pihaknya tak memiliki anggaran khusus. Meski demikian dalam APBD Perubahan mendatang, pihaknya akan mengusulkan anggaran untuk menunjang kinerja Satgas PMK. 

"Terkait anggaran masih dalam usulan dan pembahasan. Selain itu juga bisa menggunakan dana tak terduga. Namun untuk nominalnya masih dilakukan pembahasan, " tambahnya.

Lebih jauh, pihaknya juga sudah menerima vaksin PMK berjumlah 20 botol. Vaksin tersebut nantinya akan diperuntukkan 200 ekor hewan berkaki belah seperti sapi, kambing dan kerbau. Prioritasnya adalah kepada hewan yang belum terserang PMK untuk memeberikan efek kekebalan tubuh terhadap penyakit ini.

"Satu botol vaksin PMK bisa untuk 100 ekor hewan. Penyuntikannya diberikan pada bagian leher hewan, " singkatnya. (cok)

Sumber: