DPK Provinsi Bengkulu Maksimalkan Aplikasi Srikandi

DPK Provinsi Bengkulu Maksimalkan Aplikasi Srikandi

DOK/RK : SOSIALISASI : DPK Provinsi Bengkulu saat melaksanakan sosialisasi aplikasi Srikandi kepada OPD--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu terus mengupayakan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegritas (Srikandi) dalam sistem pemerintahan di wilayah Bengkulu dapat dijalankan maksimal. Srikandi sendiri merupakan salah satu aplikasi umum yang di tetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) RI.

Aplikasi ini dikembangakan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat menyurat dan arsip elektronik secara online dan terintegritas sebagai bentuk mengikuti perkembangan zaman. 

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, pihaknya saat ini terus mensosialisasikan keberadaan aplikasi Srikandi dengan mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Percepatan aplikasi Srikandi. Bahkan pihaknya telah mengundang seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dengan jumlah 60 peserta pada, Selasa (28/6).

"Aplikasi Srikandi telah di luncurkan menjadi aplikasi umum Bidang Kearsipan pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam aplikasi Srikandi, setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti Akuntabilitasi dan memori kolektif bangsa," terang Meri.

BACA JUGA:Dikbud Gelar Bimtek Kurikulum Merdeka Tingkat TK/PAUD

Aplikasi Srikandi ini ditetapkan agar setiap OPD dapat menggunkan aplikasi umum dalam pengelolaan arsip dinamis di lingkungan instansi masing-masing. Dengan tujuan akhir aplikasi ini dapat memberikan manfaat dan dapat terintegritas dengan baik untuk pelayanan kearsipan, baik internal maupun eksternal di setiap OPD. 

"Dalam hal ini, kunci keberhasilan penerapan aplikasi Srikandi terletak pada peran serta dan kolaborasi yang kuat dari DPK dengan seluruh stakeholder dilingkungan OPD yang bersangkutan," papar Meri. 

Sementara itu, kegiatan Bimtek percepatan aplikasi Srikandi dilakukan pihaknya sebagai bagian dari program besar Gubernur Bengkulu, Dr. H Rohidin Mersyah, MMA dalam rangka percepatan, pembangunan,  dan pelayanan di lingkungan Pemprov Bengkulu dan jajaran.

"Bimtek percepatan aplikasi Srikandi ini sangatlah penting, kami minta agar setiap yang ikut dapat bersungguh-sungguh s3hingga dapat diterapkan nantinya di OPD masing-masing," tutup Meri.

Sumber: