Hujan Berpotensi Mengguyur Beberapa Hari Kedepan

Hujan Berpotensi Mengguyur Beberapa Hari Kedepan

DOK/RK : HUJAN : Hujan yang mengguyur Kota Bengkulu seharian, Rabu (29/6) kemarin--

RK ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Soekarno Bengkulu memprediksi sejumlah wilayah di Provinsi Bengkulu berpotensi hujan ringan hingga lebat disertai petir dan juga angin kencang berdurasi singkat. Potensi cuaca ini akan terjadi mulai 29 Juni hingga 1 Juli 2022 mendatang.

Kondisi ini disebabkan karena adanya belokan angin di wilayah Bengkulu, serta kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas dan juga labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer di wilayah Bengkulu. Sehingga dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di wilayah Provinsi Bengkulu yang berakibat hujan ringan hingga lebat. 

"Potensi hujan ringan hingga lebat disertai petir dan angin kencang akan terjadi disejumlah wilayah. Diantaranya Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, dan Bengkulu Selatan," kata Prakirawan BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu, Dyah Riski, Rabu (29/6). 

Dengan kondisi ini, BMKG mengimbau dan memperingatkan masyarakat untuk waspada akan adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama di beberapa wilayah rawan.

"Masyarakat diminta waspada terutama saat ingin berpergian, mengingat kondisi cuaca saat ini bisa membahayakan," singkat Dyah. (gju) 

Sumber: