Berbasis e-Book

Berbasis e-Book

DOK/RK : Kadis Perpusda Muktar Yatib, S.Pd--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang akan melakukan inovasi untuk mendongkrak minat baca generasi muda. Salah satunya dengan membuat e-book, yakni buku elektronik. Hal ini dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi saat ini, pengembangan perpustakaan digital dinilai langkah yang tepat perlu dilakukan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut.

Kadis Perpusda Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd mengatakan, mengenai hal itu pihaknya telah mengusulkan perangkat yang merupakan sarana prasarana penunjang perpustakaan digital pada Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

"Nantinya, buku elektronik atau e-book itu dapat diakses oleh masyarakat, terutama generasi muda lewat ponsel. Untuk mengembangkan upaya ini kita sudah mengusulkan perangkat pendukung ke Perpusnas," jelas Muktar.

Dikatakan Muktar, pihaknya melakukan usulan inovasi e-book itu untuk meningkatkan indeks minat baca terutama generasi milenial. Sehingga nantinya mereka dapat membaca berbagai narasi digital di mana saja dan kapan saja. "Pertama kita sosialisasikan dulu, yang jelas literasi dan budaya membaca ini harus terus ditingkatkan, kemudian tentang peningkatan fungsi perpustakaan sebagai pusat inklusi sosial, juga memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat," terang Muktar.

Disisi lain lanjut Muktar, pihaknya berkomitmen memperkuat fungsi perpustakaan hingga ke tingkat desa, tidak hanya bantuan buku tapi pembinaan pengelolaan perpustakaan juga dilakukan agar berfungsi maksimal.

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber:

Berita Terkait