Dukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-el

Dukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-el

DOK/Net : Ilustrasi--

RK ONLINE - Dalam mempercepat proses perekaman KTP-el, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong terus melakukan upaya jemput bola. Khususnya ke daerah-daerah yang letaknya jauh dari pusat kota. Seperti di Desa Air Apoh, Taba Padang, Simpang Beliti dan Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang.

Kabid Pelayanan dan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Ikhwan Setiawan, SH mengatakan jemput bola yang dilakukan dengan langsung mendatangi rumah-rumah warga. Hal tersebut sebagai upaya mempermudah kepengurusan administrasi data kependudukan (adminduk) khususnya bagi masyarakat yang rumahnya jauh dari pusat kota.

"Upaya jemput dalam bola ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang rumahnya jauh dari kota, " ujarnya.

Terlebih diwilayah tersebut sebagian besar warga bekerja sebagai petani. Dengan jarak yang cukup jauh, tentu masyarakat membutuhkan waktu dan biaya jika harus datang langsung ke kantor Dinas Dukcapil. Dengan program jemput bola ini setidaknya bisa memberikan kemudahan kepada masyarakat.

"Seperti yang kita ketahui jarak yang ditempuh dari desa cukup jauh, maka dari itu kami lakukan program jemput bola agar semua warga yang lokasinya jauh bisa terdata semua," jelasnya.

Ditambahkannya, terdapat 75 wajib KTP pemula sudah melakukan perekaman, ada juga yang melakukan perbaikan KTP-el. Secara keseluruhan 3 bulan terakhir perekaman KTP-el sudah mencapai 96,4 persen. Sedangkan untuk stok blanko KTP-el tinggal tersedia 200 keping saja.

"Data perekaman tersebut sebagian besar adalah wajib KTP pemula, namun ada juga yang lansia, orang ganguan jiwa dan lainnya, " singkatnya.

Pewarta : Rahyadi Gultom/Krn

Sumber: