Berpotensi Diguyur Hujan dan Petir

Berpotensi Diguyur Hujan dan Petir

DOK/RK : Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang yang akan menjalankan aktivitas sehari-hari diingatkan supaya berhati - hati dan tetap waspada dari berbagai macam ancaman bencana alam. Terlebih Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepahiang memprediksi, jika beberapa hari ke depan wilayah Kabupaten Kepahiang berpotensi diguyur hujan disertai petir. Diprediksi, hujan dengan intensutas tinggi disertai petir ini mengguyur Kabupaten Kepahiang pada siang hari sekira pukul 13.00 WIB hingga sore pukul 16.00 WIB. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Litman, ST menerangkan, pada malam hari sekira pukul 19.00 WIB hujan masih berpotensi turun tapi intensitasnya hanya hujan ringan. Potensi hujan yang terjadi ini karena ada pusat tekanan rendah di Samudera Hindia barat sumatera yang menyebabkan belokan angin di wilayah Provinis Bengkulu.

Selain itu ada kelembaban udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas dan juga labilitas udara yang cukup kuat pada atmosfer wilayah Provinsi Bengkulu. "Dengan sejumlah faktor ini dapat menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di hampir seluruh wilayah provinsi Bengkulu termasuk di Kabupaten Kepahiang," kata Litman. 

Dengan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai petir serta juga angin kencang berdurasi singkat, ucap Litman, pihaknya mengimbau masyarakat supaya waspada potensi bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan sejumlah bencana alam lainnya. "Untuk suhu Kabupaten Kepahiang berada pada 19 - 28 derajat celcius, kecepatan angin 20 Km/ jam dan kelembaban 70 - 100 persen," demikian Litman.

Pewarta : Epran Antoni/Krn

 

Sumber: