Waspada Hujan dan Angin Kencang

Waspada Hujan dan Angin Kencang

DOK/RK : CUACA BURUK : Kondisi gelombang pada pesisir provinsi Bengkulu --

RK ONLINE - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu memprediksi dalam beberapa hari ke depan akan terjadi cuaca buruk berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Bengkulu. Hal tersebut dikarenakan perubahan arah belokan angin di wilayah Bengkulu serta adanya kelembapan udara basah di lapisan bawah hingga atmosfer Bengkulu. 

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Dyah Riski menyampaikan, selain hujan yang disertai petir dan angin kencang dengan kecepatan angin berkisar 25 knot atau  45 kilometer per jam juga akan menerjang dalam beberapa hari kedepan. Dengan kondisi tersebut BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada akan potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor atau pohon tumbang. 

"Kondisi cuaca buruk ini hampir merata terjadi di wilayah Bengkulu, dari Mukomuko hingga Kaur, perkiraan terjadinya hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir juga angin kencang berdurasi singkat pada siang dan sore hari serta bisa berlanjut malam hingga dini hari. Begitupun untuk wilayah Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, dan Bengkulu Selatan juga terjadi sama," papar Dyah, Minggu (26/6). 

Selain curah hujan yang tinggi, BMKG juga memprediksi adanya potensi gelombang tinggi di wilayah pesisir Bengkulu, sehingga masyarakat pesisir terutama para nelayan maupun penyedia jasa penyebrangan dihimbau untuk waspada saat beraktivitas di laut. 

"Tinggi gelombang diperkirakan 4 meter hingga 6 meter di perairan Enggano hingga samudra Hindia Barat Bengkulu, dan 2 hingga mencapai 4 meter di perairan Bengkulu. Jadi harus berhati-hati bagi para nelayan," pungkas Dyah.

Pewarta : Gatot Julian/Krn

Sumber: