Pengendali Harga Cabai

Pengendali Harga Cabai

DOK/Net : Ilustrasi--

RK ONLINE - Keberadaan pasar lelang menjadi salah satu bantuan bagi para petani cabai. Pasalnya, pasar lelang membantu menstabilkan harga jual cabai di pasaran. Hanya saja, sejauh ini Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang belum mendapatkan kepastian terkait diakomodirnya bantuan pembangunan pasar lelang cabai. Padahal, hal itu merupakan dorongan dan upaya win win solution bagi petani, pedagang dan konsumen, pasar lelang merupakan upaya menguntungkan semua pihak. 

Kabid Hortikultura Budi, Sp menjelaskan jika mengenai bangunan pasar lelang tersebut pihaknya belum mendapat konfirmasi dari kementerian pertanian. Namun, pihaknya berharap terciptanya harga acuan yang berlaku bagi komoditas cabai adalah salah satu bukti dukungan pemerintah terhadap masyarakat.

"Kepahiang sebenarnya sangat membutuhkan pasar lelang khusus komoditas cabai, yang ada saat ini baru ada pasar tani, disini hasil panen petani hortikultura dikumpulkan untuk dijual. Namun memang kita berharap, pasar lelang khusus cabai ini segera diakomodir," jelas Budi.

Wacana pasar lelang cabai kata Budi, diharapkan menjadi wadah bagi para kelompok petani cabai yang tersedia titik kumpul. Keberadaan pasar lelang menurutnya, membentuk program satu pintu dan satu harga untuk cabai. "Biasanya harga di pasar lelang kadang berfluktuasi namun cenderung stabil dibandingkan harga pasar, paling tidak memberi rasa nyaman bagi petani cabai setiap kali menjual hasil panen mereka," ujar Budi.

Jika bangunannya diakomodir nanti, lanjut Budi pasar lelang ini dapat dikelola oleh asosiasi petani dan disesuaikan dengan kriteria permintaan pasar.

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber: