Kasus PMK Terus Bertambah, Satu Mati

Kasus PMK Terus Bertambah, Satu Mati

DOK/RK--

RK ONLINE - Kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkaki belah di Rejang Lebong terus meningkat. Hingga kemarin (24/6), total sudah ada 261 ekor sapi dan kambing yang dinyatakan positif terjangkit PMK.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong ir. Zulkarnain jumlah ternak yang dinyatakan terkonfirmasi PMK setiap hari mengalami peningkatan seiring dengan gencarnya pemeriksaan yang dilakukan petugas di lapangan.

"Sudah ada 261 ternak yang dinyatakan terkonfirmasi positif PMK, jumlah ini mengalami penambahan 20 ekor dari sebelumnya 241 ekor," ucapnya

Dirincikannya 261 ekor ternak yang terkonfirmasi positif PMK tersebut terdiri dari 241 ekor sapi, 16 ekor kambing dan 4 ekor kerbau.

"Saat ini kita telah mendata dan mencatat ada satu ekor ternak jenis sapi yang ada di Desa Tasik Malaya, Kecamatan Curup Utara dinyatakan mati akibat PMK, " lanjutnya.

Lebih jauh dijelaskannya, 20 kasus tambahan PMK yaitu 4 ekor sapi dari Desa Kesambe Lama Kecamatan Curup Timur, 1 ekor kerbau dari Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur, 5 ekor sapi di Desa Air Meles Bawah Kecamatan Curup Timur, 2 ekor sapi di Desa Kali Padang Kecamatan Selupu Rejang dan delapan ekor sapi di Kelurahan Talang Ulu Kecamatan Curup Timur.

"Kami menghimbau peternak yang ada di daerah itu agar tidak panik dan segera melaporkan kepada petugas Distankan Rejang Lebong jika mendapati ternak mereka terjangkit PMK sehingga bisa diberikan penanganan dan pengobatan, " singkatnya. 

Pewarta : Rahyadi Gultom/Krn

 

Sumber: