Festival Tabut Tanpa Pameran dan Bazar

Festival Tabut Tanpa Pameran dan Bazar

DOK/RK : Sekretaris Dispar Provinsi Bengkulu, Almidianto--

RK ONLINE - Berbeda dari pelaksaan sebelumnya yang ditunda akibat pandemi Covid-19, Festival Tabut yang akan dilaksanakan 28 Juli-9 Agustus 2022 mendatang akan dilaksanakan tanpa pameran dan bazar yang biasanya dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu.

"Festival Tabut sudah masuk dalam agenda tahunan Kemenparekraf dan akan dilaksanakan tahun ini, namun tanpa pameran dan bazar,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bengkulu, Almidianto, SE, MT, Jumat (24/6). 

Tidak adanya kegiatan pameran atau bazar ini lantaran minimnya anggaran yang ada pada Dispar. Anggaran yang tersedia hanya Rp 250 juta yang dianggarkan untuk pelaksanaan ritual tabut yang rutin digelar setiap 1 hingga 10 Muharam. Sedangan untuk anggaran pelaksanaan pameran atau bazar tidak terakomodir walaupun kewenangan Lapangan Merdeka menjadi tanggung jawab Dispar Provinsi Bengkulu. 

"Sama sekali tidak ada dana pelaksaannya untuk kegiatan pameran atau bazar. Jika ada nantinya masih ada dilaksanakan berarti itu bukan diakomodir oleh kita dan dipastikan ilegal," papar Almidianto. 

Sementara itu, untuk pelaksanaan festival tabut tahun 2022 ini akan digelar secara hybrid yakni secara online maupun offline. "Pelaksanaan ritual tabut seperti pengambilan air dan sebagainya kemungkinan besar akan dilakukan secara offline dan direkam terlebih dahulu dan ditampilkan melalui video serta ditampilkan secara online. Pelaksanaan Pemprov akan didampingi kurator dari Kemenparekraf RI," demikian Almidianto. 

Sementara untuk pelaksaan Festival Tabut sudah ditentukan, yakni untuk tempat utama di Gedung Taman Budaya. Sedangkan untuk tempat alternatif apabila ada hal yang tidak diinginkan akan disiapkan gedung daerah Balai Raya Semarak. 

Diketahui, selain Festival Tabut, ada 6 event Pariwisata Bengkulu yang akan digelar tahun ini. Dua diantaranya telah dilaksanakan yakni Festival Danau Nibung, Kabupaten Mukomuko tanggal 17-18 Juni 2022 dan Festival Gurita, Kabupaten Kaur tanggal 21-22 Juni 2022.

Event lainnya yakni Festival Bencoolen Dhol Antraction, Kota Bengkulu tanggal 8 Juli 2022 yang juga menjadi salah satu event nasioanal Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kenparekraf) RI, lalu ada Festival Bhimi Belirang, Kabupaten Rejang Lebong tanggal 6-13 Agustus 2022, Penembang Fest, Kabupaten Bengkulu Tengah, 3-4 September 2022, Serta Gelumpang Fest, Kabupaten Bengkulu Utara tanggal 25-28 November 2022.

Pewarta : Gatot Julian/Krn

Sumber: