Usulkan DAK Jalan Rp 40 Miliar

Usulkan DAK Jalan Rp 40 Miliar

DOK/RK : Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, ST, M.Si--

RK ONLINE - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk perbaikan jalan sebesar Rp 40 miliar untuk tahun 2023 mendatang. Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Tejo Suroso, ST, M.Si.

"Pemeliharaan jalan tahun depan untuk seluruh ruas jalan provinsi di kabupaten/kota sepanjang 1.560 kilometer kita usulkan sekitar Rp 40 miliar. Angka tersebut masih jauh dari standar pemeliharaan jalan nasional dimana Rp 80 juta per kilometer, sedangkan kita masih 5 juta per kilometer," papar Tejo. 

Dengan angka tersebut, ditambah kondisi keuangan daerah yang minim pihaknya melakukan pelayanan minimum untuk pemeliharaan ruas jalan provinsi  di seluruh wilayah kabupaten/kota.

"Dengan kondisi tersebut, dalam skema pemeliharaan jalan lebih difokuskan pada tambal sulam dan padat karya. Sedangkan untuk kegiatan cuci siring dan penebasan lebih secara padat karya sesuai dengan anjuran presiden dan gubernur," kata Tejo. 

Selain itu, PUPR Provinsi Bengkulu juga sebelumnya telah mengusulkan anggaran perbaikan jalan provinsi senilai Rp 10 miliar  di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun anggaran 2022 ini. Anggaran tersebut akan disebar ke 9 kabupaten dan 1 kota, sehingga masing-masing wilayah akan mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih Rp 1 miliar.

"Nanti kawan-kawan di DPRD Provinsi Bengkulu yang akan menganggarkan perbaikan jalan dalam APBD-Perubahan, untuk keseluruhan kita anggarkan Rp 10 miliar tahun 2022 ini," singkat Tejo Suroso.

 

Pewarta : Gatot Julian/Krn

Sumber: