Minat Baca Masyarakat Mulai Meningkat

Minat Baca Masyarakat Mulai Meningkat

DOK/RK : MEMBACA : para pengunjung perpustakaan DPK Provinsi Bengkulu sedang asik membaca--

RK ONLINE - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu mencatat tingkat minat baca masyarakat Bengkulu terus mengalami peningkatan setelah sempat mengalami penurunan drastis akibat pandemi Covid-19.

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd menyampaikan, meningkatnya minat baca masyarakat dapat terlihat saat kunjungan ke perpustakaan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang mengalami penambahan jumlah kunjungan setiap harinya.

"Minat baca menjadi sesuatu yang penting bagi kemajuan suatu negara, Bengkulu sendiri pernah masuk dalam 10 besar terkait minat baca. Usai pandemi alhamdulillah tingkat minat baca dan kunjungan pemustaka ke perpustakaan sangat tinggi," ungkapnya.

 

Di perpustakaan DPK Provinsi Bengkulu sendiri jumlah pemustaka yang terdata datang untuk membaca pada hari normal bisa mencapai 300 orang yang datang.

"Setiap hari kita menerima kunjungan ke perpustakaan sebanyak 200 hingga 300 orang, bahkan lebih banyak jika menjelang akhir pekan. Ini menunjukkan minat baca mulai semakin baik," kata Meri.

Sementara itu, literasi baca DPK Provinsi Bengkulu yang telah terdata setidaknya memiliki koleksi 14.261 dengan 42.959 eksempalar. Sehingga dengan jumlah tersebut mampu mencukupi kebutuhan baca masyarakat dan jumlahnya juga terus bertambah.

 

Ia menambahkan, pihaknya terus berusaha memaksimalkan keberadaan dan literasi perpustakaan di Bengkulu baik di tingkat provinsi, kabupaten/Kota, sekolah, hingga desa/kelurahan. Sehingga keberadaan perpustakaan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

"Kita terus berusaha memaksimalkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat dapat tercapai di Bengkulu," pungkas Meri.

 

Pewarta : Gatot Julian/Adv

Sumber: