Belum Seluruh Desa Tahap II

Belum Seluruh Desa Tahap II

DOK/RK : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong Suradi Rifa'i, SP, M.Si--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong Suradi Rifai, S.Sos mengatakan belum seluruh desa melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap II. Bahkan beberapa desa yang sebelumnya masih ada kesalahan administrasi saat penyampaian usulan, sejauh ini belum ada yang menyampaikan perbaikan.

"Ada beberapa desa yang belum melakukan pencairan DD tahap dua. Faktanya sampai saat ini perbaikan usulan belum kembali disampaikan, " ujarnya.

Ditambahkannya, pemanfatan DD tahun ini lebih ditekankan terhadap sektor ketahanan pangan dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) sebagai program meningkatkan daya beli masyarakat dampak pandemi Covid-19. Sementara untuk pembangunan infrastruktur, porsinya lebih kecil yaitu hanya 30 persen dari pagu DD.

"Tahun ini memang seluruh desa minim akan pembagunan infrastruktur. Karena sesuai dengan juklak dan juknis, DD lebih diarahkan untuk BLT-DD dan sektor ketahanan pangan, " tambahnya.

Lebih jauh dijelaskannya, untuk tahap II, masih difokuskan untuk BLT-DD dan program ketahanan pangan. Sedangkan untuk pembangunan infrastruktur akan disalurkan dipencairan berikutknya atau tahap ke III.

"Harapan kami kepada seluruh desa yang sudah membuat program terkait ketahanan pangan agar segera direalisasikan sehingga program tersebut dapat berjalan, " singkatnya.

Pewarta : Rahyadi Gultom/Krn

Sumber: