Wujudkan Pemerintah Akuntabel, Pemprov Gelar Rakor Forum SDI

Wujudkan Pemerintah Akuntabel, Pemprov Gelar Rakor Forum SDI

DOK/RK : RAKOR : peserta rapat koordinasi SDI Provinsi Bengkulu--

RK ONLINE - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Satu Data Indonesia (SDI), Kamis (23/6). Dengan mengangkat tema Menuju Satu Data Untuk Bengkulu Maju dan Hebat, Rakor difokuskan untuk mewujudkan keterbukaan publik di Provinsi Bengkulu melaui data-data yang ada.

"Rapat koordinasi ini sebagai wujud untuk menjawab undang-undang nomor 39 tahun 2019 untuk mewujudkan keterbukaan publik supaya pemerintah bisa akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan terhadap data pemerintah," kata Plh Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Dr. Syarifudin, S.Sos, M.Si.

Ia menambahkan, dalam pembahasan yang dilakukan bukan sembarang data karena faktanya data yang ada akan di kolaborasi menjadi informasi dengan tujuan mencapai penyelenggaraan pemerintah berbasis elektronik.

"Tentu membutuhkan komitmen bersama untuk mewujudkan satu data ini, karena tanpa komitment bersama sulit untuk mencapai keterbukaan publik," ujar Syarifudin.

Lebih lanjut, dalam forum SDI tentunya masing-masing pihak mempunyai peran dan fungsi, karena satu sama lainnya saling terkait serta mendukung, salah satu peran Badan Pusat Statistik (BPS) dalam SDI yaitu melakukan pembinaan statistik sektoral.

"Semua data pemerintah dibahas dalam forum ini. Diketuai Bappeda provinsi penginputan data kabupaten/kota yang disingkronkan dengan data BPS diharapkan mampu untuk menciptakan keterbukaan publik," singkat Syarif.

Pewarta : Gatot Julian/Krn

Sumber: