Pedagang Tolak Rencana Relokasi

Pedagang Tolak Rencana Relokasi

DOK/RK : Pedagang buah menggunakan mobil bak terbuka berjejer di seputaran taman santoso.--

RK ONLINE - Rencana Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperkop UKM) Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu untuk merelokasi pedagang buah, nampaknya bakal berbuntut panjang. Bagaimana tidak selain mendapatkan penolakan dari kalangan pedagang buah yang mangkal di seputaran Taman Santoso Kecamatan Kepahiang, sampai saat ini Disperkop UKM juga belum memiliki lokasi relokasi yang sesuai dengan keinginan pedagang buah itu sendiri.

Kadisperkop UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos mengatakan jika sampai saat ini, barisan pedagang buah ini masih tetap ngotot tidak ingin dipindahkan ke dalam kios Pasar Kuliner yang berada di Taman Santoso. Oleh karena itu Jan Dalos mengakui jika sampai sekarang, pihaknya masih berupaya untuk mencari solusi relokasi yang sesuai dengan harapan masyarakat, pedagang dan Pemkab Kepahiang.

"Kita masih pikirkan di mana lokasi relokasi yang bisa menjadi solusi dari persoalan ini. Sebab sampai sejauh ini bangunan kios Paskar Kuliner masih jadi opsi utama kami," ujar Jan Dalos.

Terkait sasaran relokasi ini sendiri, dengan tegas Jan Dalos memastikan jika akan dilakukan merata dan tidak akan tebang pilih. Namun sebelum kitu Jan Dalos mengatakan jika mereka akan membawa persoalan ini ke dalam rapat pembahasan relokasi pedagang buah dalam waktu dekat ini.

"Itu akan kita bahas, kita akan lihat dulu lokasinya apakah mampu menampung seluruh pedagang buah yang ada atau tidak," lanjutnya.

Terpisah Kasat Pol PP PBK Kabupaten Kepahiang, A. Ghani, S.Sos melalui Kabid Perda, Solati, S.Ip memastikan jika mereka akan terus memantau pedagang buah yang berada di seputaran taman ini. Sebab menurutnya beberapa waktu lalu tepatnya saat operasi rutin, pihaknya menemukan banyak sampah yang berserakan di lokasi dagang ini. Diduga kuat sampah tersebut merupakan sampah yang ditimbulkan oleh oknum pedagang buah.

"Sementara ini masih terpantau tertib. Namun kita tetap akan melakukan patroli rutin," singkatnya.

Pewarta : Jimmy Mayhendra

Sumber: